Pages

Thursday, January 3, 2013

Mengenal Lebih Jauh Kebudayaan Betawi

Nama : Mayang Sekar Arum
NIM : 11140110137
Kelas : F-1



Indonesia adalah suatu negara yang beragam, di dalamnya terdapat berbagai macam suku, ras, etnis, budaya, agama. Ada suku batak, suku minang, suku betawi, dan sebagainya. Keberagaman yang ada di Indonesia itu sangat menarik untuk dipelajari kebudayaannya satu-satu, karena dengan keberagaman itu kita bisa mempelajari suatu budaya yang berbeda dari budaya kita. Tetapi kali ini saya tidak akan membahas satu-satu budaya yang ada, tapi saya akan membahas satu suku atau suatu budaya yang ada di Indonesia ini dan berasal dari ibu kota negara Indonesia, yaitu budaya betawi.

Kalau berbicara mengenai “budaya betawi” pasti yang ada dipikiran kita itu bahwa kehidupan dari budaya betawi nggak jauh-jauh sama kayak di film-filmnya Benyamin Sueb, atau filmnya Si Doel Anak Sekolahan, karena kan memang latar budaya dari film tersebut adalah budaya betawi. Manggil ibunya aja pakai sebutan “emak” dan “babeh” untuk panggilan ke bapaknya. Dan nggak lupa juga, bentuk-bentuk rumah yang dipakai juga rumah khas betawi.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai kebudayaan Betawi, saya melakukan observasi ke perkampungan budaya betawi yang ada di Setu Babakan, Jakarta. Perjalanan saya kesana pada hari pertama cukup mengalami banyak salah jalan dan berkali-kali memutar balik, karena memang lokasinya nggak pernah saya datangi dan agak sulit juga untuk dicari, tapi pas kesana hari keduanya udah mulai lancar karena udah hafal sedikit jalanan kesana. Saya melakukan dua kali observasi kesana agar bisa mengetahui lebih dalam bagaimana kebudayaan betawi yang ada di sana.

Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan merupakan suatu tempat dimana di dalam perkampungan itu ada banyak sekali hal yang berbau betawi, atau mungkin keseluruhan yang ada disana berbau budaya betawi. Dari mulai makanan-makanan yang ada di sana, penduduk-penduduknya yang bener-bener betawi banget dilihat dari cara ngomongnya, terus ada rumah-rumah yang bener-bener betawi banget, dan berbagai acara tradisional yang menciri khaskan budaya betawi.

Hari pertama saya kesana, pas baru masuk gerbang aja saya sudah bisa merasakan saya kayak masuk ke suatu lingkungan yang unsur betawinya bener-bener kental sekali. Terutama pas ngelewatin rumah-rumah penduduk yang ada di dalam perkampungan budaya betawi tersebut. Tapi menurut penglihatan saya, ada juga beberapa rumah yang sudah modern minimalis dan nggak betawi banget, mungkin dia bukan orang betawi tapi tinggal di daerah perkampungan betawi.

Ada pesan non-verbal yang bisa kita lihat saat baru masuk melewati rumah penduduk, jadi kalau orang betawi punya rumah, pasti di rumahnya itu udah ketauan “ah ini pasti rumahnya orang betawi” karena di bawah genteng rumahnya itu ada kayu kayu berbentuk jeruji-jeruji yang pasti ada di setiap rumah kalau misalnya dia orang betawi, saya nggak tau itu namanya apa, tapi biar lebih jelas, ini saya kasih fotonya:


Nah selain itu ada juga komunikasi nonverbal lain dalam hal mengatur mebel (seperti yang ada di buku samovar), jadi rumah-rumah orang betawi itu biasanya di depannya itu ada kayak teras atau beranda yang namanya “amben” dan cara mengaturnya hampir sama di setiap rumah. Jadi di terasnya ada kursi yang selama yang saya lihat disana dan berbagai rumah betawi lainnya bentuk kursinya sama berjumlah 4, dan ada satu meja bundar di tengah-tengahnya. Nah fungsi dari teras atau beranda yang ada di rumah betawi itu biasanya buat nerima tamu dan bersantai bersama keluarga, atau mungkin sekedar berbincang-bincang dengan keluarga.

Setelah melihat berbagai rumah penduduk betawi yang mayoritas hampir sama semua, yang istilahnya “Betawi Banget” itu saya mulai masuk ke tempat wisatanya. Baru masuk saja kita sudah disuguhi danau yang luas sekali dan terdapat berbagai perahu air yang bisa kita naiki untuk mengelilingi danau tersebut. Dan pas masuk ke tempat wisata itu aja saya udah nemuin lagi komunikasi nonverbal dari hal pesan dari pakaian, jadi para laki-laki yang ada disana yang bertugas menjaga sekitar danau itu berpakaian khas ala betawi. Jadi pertama kali kalau misalnya kita lihat dia juga langsung kepikirannya orang betawi asli. Pakaiannya yang dipakai itu persis deh yang kaya dipakai sama si pitung. Ada sarung kotak-kotak yang digantungin di lehernya, terus baju daleman kaos putih, lalu ada baju luaran hitam, celana bahan hitam juga, sama nggak ketinggalan kopiah hitam di kepalanya.

Saat saya melihat sekeliling, banyak sekali panganan-panganan khas betawi yang udah dijual di sepanjang jalan saya melintasi pinggir danau babakan itu, dan nggak ketinggalan ada beberapa warung makan dan toko jualan ondel-ondel yang menyetel lagu-lagu khas betawi gitu. Makanan-makanannya itu ada kerak telor (makanan yang satu ini kayanya ga afdol kalo ngga ada di suatu tempat yang berbau budaya betawi ya), lalu ada toge goreng, laksa betawi, es selendang mayang (biasanya disebut juga sebagai es kue, soalnya emang isi utamanya itu kayak kue lapis dan dikasih es sama santan dan gula), semur jengkol, soto betawi, soto mie dan sebagainya.

Bahkan, ada juga yang jualan topeng ondel-ondel, miniatur-miniatur ondel-ondel dan berbagai pajangan khas dari budaya betawi. Saat saya masuk ke tempat wisatanya yang ada banyak rumah-rumah betawi itu, saya melihat ada pagelaran seni tari-tarian khas betawi di atas panggung yang memang udah disediakan untuk acara-acara pagelaran kesenian khas betawi, dan saat itu ramai para wisatawan yang melihat pagelaran seni tari tersebut, dan nggak lupa diiringin sama lagu lagu khas betawi gitu, bener-bener kerasa banget deh kalo lagi di kampung betawi! Nah ini saya ada fotonya saat anak-anak perempuan sedang menari tarian khas betawi:



Ada lagi loh komunikasi non-verbal yang ada di budaya betawi ini, kali ini saya akan membahas dalam konteks parabahasa, dengan fokus dari salah satu klasifikasi parabahasa yaitu kualitas vokal. Coba deh, pasti udah pada tau kalau misalnya kita denger orang betawi ngomong, pasti suaranya kenceng banget-bangetan, berasa dia kayak lagi ngomong sama orang budek gitu. Misalnya aja kita liat Mpok Nori kalo ngomong kan gitu, kaya ngotot dan kenceng banget, terus Mandra, Omas, dan pas liat film-film Benyamin Sueb juga dia ngomongnya kayak gitu. Disana juga saya sering denger mereka ngomong pada kenceng-kenceng banget. Mungkin bagi budaya lain, ngomong dengan suara yang kenceng banget itu adalah suatu hal yang tidak sopan, tapi mungkin bagi budaya betawi itu sudah menjadi bagian hidup mereka. Sehingga kita bisa tahu dengan nada kenceng dan cara mereka berbicara yang bisa dibilang ceplas-ceplos kita udah tau kalau dia itu orang betawi. sangat berbeda kalau misalnya orang betawi asli diketemukan untuk mengobrol dengan orang dari solo, nah bisa bayangin ga berbedanya kayak gimana? Dan saya juga baru tahu, ternyata di bahasa betawi itu ada pembagian bahasa, jadi ada bahasa betawi yang kasar, dan ada juga bahasa betawi yang halus. Kalau katanya penduduk yang ada di sana, kata “Gue” dan “Lo” termasuk bahasa betawi yang halus, kata “Aye” juga termasuk bahasa betawi yang halus. Bahasa betawi juga khas banget dengan dialek yang digunakan mereka, ngomongnya kan betawi banget lah pokoknya biasanya pake akhiran “e” gitu, contohnya “eh lo kemane aje” dan asal jeplak aja kalau bicara, kadang juga mereka ada aja yang bisa dijadiin bahan bercandaan. Setiap saya ketemu dengan orang betawi, pasti ada aja dari jeplakan mereka yang lucu dan ada-ada aja.

Ohiya, orang betawi itu kan mayoritas memeluk agama islam, pandangan mereka mengenai kematian ya sama aja kaya orang-orang islam pada umumnya, jadi mereka menganggap bahwa, kalau misalnya seseorang udah meninggal yaudah meninggal aja dan mengikuti pemikiran islam, jadi akan dibangunkan lagi nanti saat hari kiamat tiba. Lalu kalau misalnya adat betawi, kalau ada yang meninggal gitu biasanya ada prosesi pengajian 7 hari 7 malam, selain itu ada juga pengajian yang diadakan setiap malam jumat kayak misalnya baca yasin dan sebagainya. Ya memang nggak berbeda jauh sama prosesi yang biasa dilakukan sama orang-orang pemeluk agama islam pada umumnya.

Masih berhubungan dengan worldview, dan mengambil salah satu dari elemen worldview yaitu “konsep sifat manusia” contoh yang biasa kita dengan dari konsep sifat manusia itu kan misalnya “ah orang padang kan pelit” nah kalau konsep sifat dari orang budaya betawi itu orangnya suka ngomong ceplas-ceplos dan kadang kayak suka nggak mikirin perasaan orang gitu, berbeda dengan misalnya orang jawa, mereka pasti kalau ngomong pelan, alus, dan hati-hati.

Karena udah capek berkeliling dan mengamati yang ada disana, saya dan teman-teman saya memutuskan untuk beristirahat sejenak di warung-warung makanan yang ada di sepanjang jalan di wilayah kampung betawi itu. Disitu saya makan kerak telor yang enak banget deh pokoknya, nah pas lagi makan disitu, saya mendapatkan lagi suatu hal yang menarik. Jadi cara mereka berdagang itu agak berbeda dengan budaya lain, misalnya kan saya makan di warung A, lalu saya ingin membeli minuman atau beli cemilan gitu di warung B, nah si pemilik warung B nggak mau melayani pembelian kita, kata si penjual “oh belinya di warung A ya? Kalau beli nya di warung A, beli minumannya disana juga” begitu. Jadi kita kalau sudah beli makanan di warung A ya beli minumannya di warung A juga. Hmm jadi gitu ya, itu bener-bener bikin saya kaget banget. sejujurnya saya merasakan culture shock atau kejutan budaya, dimana menurut samovar, culture shock adalah transisi yang terjadi ketika anda pergi dari lingkungan yang anda kenal ke lingkungan yang tidak anda kenal dan menemukan bahwa perilaku anda tidak efektif. 

Menurut wawancara saya dengan penduduk, orang betawi punya strategi-strategi khusus dalam berdagang, katanya, setiap budaya pasti udah punya lingkupnya masing-masing, misalnya kalau orang Jawa jualannya bakso, ya kalau orang betawi biasanya jualannya kerak telor, itu udah kayak gitu daridulu, jadi udah punya lahannya masing-masing.

Masalah atau suatu konflik itu kan bisa terjadi kapan saja, menurut cerita seorang penduduk yang saya wawancarai, orang betawi itu kalau misalnya ada suatu masalah atau konflik, dalam memanajemen konfliknya itu dengan dilerai atau dibantu oleh RT, RW atau Lurahnya yang bantuin, jadi para tokoh-tokoh penting gitu yang berusaha mengidentifikasi isu yang mengakibatkan masalah dan akhirnya yang terlibat konflik dilerai. Karena kalau misalnya nggak dibantu sama atasan-atasan atau tokoh-tokoh penting gitu bisa kacau dan bisa kayak diancam terus gitu hidupnya. Dan konflik yang sering terjadi di perkampungan budaya betawi itu biasanya dalam hal berdagang, misalnya dagangan si A laku terus, banyak yang beli dan banyak yang kunjungin, nah kadang ada beberapa pedagang lain yang merasa iri hati sehingga timbulah konflik.

Di hari kedua saya kesana, tidak jauh berbeda dari hari pertama, cuman pada saat saya kesini kedua kalinya, kampung betawinya lagi sepi banget, nggak ada acara-acara gitu, bener-bener sepi. Yang ramai hanya para pedagang-pedagang yang berjualan. Ngomongin betawi, makanan yang khas itu kan ada banyak ya, dan ada juga beberapa yang udah saya sebutkan diatas, nah saya mau coba jelasin satu-satu makanan yang ada disana menurut penglihatan dan saat saya coba mencicipinya.

Yang pertama ada kerak telor. Nah makanan ini bener-bener udah nggak asing lagi lah di telinga kita, siapa yang nggak tau sama makanan khas betawi ini, di PRJ (Pekan Raya Jakarta) juga banyak banget pasti yang jualan. Kerak telor tuh jadi telor (bisa bebek bisa ayam, tapi biasanya pada mesennya yang telor bebek karena lebih gurih dan lebih kerasa) di campur sama beras ketan, terus diaduk2 gitu sama bumbu dan dimasak diatas wajan gitu, nah nanti dicampur sama kelapa-kelapa gitu. Enak deh rasanya, nih ada foto nya gimana si penjual buat. Ohiya, konon katanya penduduk yang saya wawancarai, dulu si mandra pernah jualan kerak telor di perkampungan budaya betawi situ, saya nggak tau juga sih itu beneran atau nggak, percaya nggak percaya kan.


Nah terus ada makanan lagi disana yang baru pertama kali saya coba, namanya toge goreng. Jadi ini bahan utamanya toge, terus ada ketupatnya, nah togenya itu dicampur sama mie kuning, terus dikasih bumbu kacang gitu deh, yah lumayan enak lah! Tapi saya nggak begitu suka juga sih. Kalau minumannya saya juga coba es selendang mayang, yang tadi udah saya bilang bisa disebut juga es kue, emang bener sih kaya makan es sama kue lapis. Rasa airnya mirip banget kalo kita minum es cendol, cuman ini bedanya pake kue lapis warna-warni, enak kok.

Kalau menyebut “soto betawi” pasti udah pada nggak asing lagi lah ya sama makanan yang satu itu, soto betawi itu soto yang kuahnya pake santan, dan isinya itu ada tomat, kentang, dan yang pasti daging sapi, nah kalau makanan yang satu ini saya suka banget, soalnya rasanya gurih dan daging sapinya juga empuk.

Betawi juga punya acara-acara khusus atau tradisi yang masih sering digunakan sampai sekarang, contohnya itu misalnya kalau misalnya orang betawi mengadakan pernikahan, biasanya kan ada petasan tuh banyak, terus ada juga tanjidor, atau nggak marawis-marawisan gitu. Ondel-ondel juga kan menjadi suatu ciri khas dari budaya betawi, walaupun bentuknya serem gitu tapi dia bener-bener bias mencirikan budaya betawi. Lalu ada juga tari jaipong, pencak silat dan berbagai macam kesenian lainnya.





No comments:

Post a Comment