NIM : 11140110137
Kelas : F-1
Indonesia adalah suatu negara yang beragam, di dalamnya
terdapat berbagai macam suku, ras, etnis, budaya, agama. Ada suku batak, suku
minang, suku betawi, dan sebagainya. Keberagaman yang ada di Indonesia itu
sangat menarik untuk dipelajari kebudayaannya satu-satu, karena dengan
keberagaman itu kita bisa mempelajari suatu budaya yang berbeda dari budaya
kita. Tetapi kali ini saya tidak akan membahas satu-satu budaya yang ada, tapi
saya akan membahas satu suku atau suatu budaya yang ada di Indonesia ini dan berasal
dari ibu kota negara Indonesia, yaitu budaya betawi.
Kalau berbicara mengenai “budaya betawi” pasti yang ada
dipikiran kita itu bahwa kehidupan dari budaya betawi nggak jauh-jauh sama
kayak di film-filmnya Benyamin Sueb, atau filmnya Si Doel Anak Sekolahan,
karena kan memang latar budaya dari film tersebut adalah budaya betawi. Manggil
ibunya aja pakai sebutan “emak” dan “babeh” untuk panggilan ke bapaknya. Dan
nggak lupa juga, bentuk-bentuk rumah yang dipakai juga rumah khas betawi.
Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai kebudayaan Betawi,
saya melakukan observasi ke perkampungan budaya betawi yang ada di Setu Babakan,
Jakarta. Perjalanan saya kesana pada hari pertama cukup mengalami banyak salah
jalan dan berkali-kali memutar balik, karena memang lokasinya nggak pernah saya
datangi dan agak sulit juga untuk dicari, tapi pas kesana hari keduanya udah
mulai lancar karena udah hafal sedikit jalanan kesana. Saya melakukan dua kali
observasi kesana agar bisa mengetahui lebih dalam bagaimana kebudayaan betawi
yang ada di sana.
Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan merupakan suatu
tempat dimana di dalam perkampungan itu ada banyak sekali hal yang berbau
betawi, atau mungkin keseluruhan yang ada disana berbau budaya betawi. Dari
mulai makanan-makanan yang ada di sana, penduduk-penduduknya yang bener-bener
betawi banget dilihat dari cara ngomongnya, terus ada rumah-rumah yang
bener-bener betawi banget, dan berbagai acara tradisional yang menciri khaskan
budaya betawi.
Hari pertama saya kesana, pas baru masuk gerbang aja saya
sudah bisa merasakan saya kayak masuk ke suatu lingkungan yang unsur betawinya
bener-bener kental sekali. Terutama pas ngelewatin rumah-rumah penduduk yang
ada di dalam perkampungan budaya betawi tersebut. Tapi menurut penglihatan saya,
ada juga beberapa rumah yang sudah modern minimalis dan nggak betawi banget,
mungkin dia bukan orang betawi tapi tinggal di daerah perkampungan betawi.
Ada pesan non-verbal yang bisa kita lihat saat baru masuk
melewati rumah penduduk, jadi kalau orang betawi punya rumah, pasti di rumahnya
itu udah ketauan “ah ini pasti rumahnya orang betawi” karena di bawah genteng
rumahnya itu ada kayu kayu berbentuk jeruji-jeruji yang pasti ada di setiap
rumah kalau misalnya dia orang betawi, saya nggak tau itu namanya apa, tapi
biar lebih jelas, ini saya kasih fotonya:
Nah selain itu ada juga komunikasi nonverbal lain dalam hal
mengatur mebel (seperti yang ada di buku samovar), jadi rumah-rumah orang
betawi itu biasanya di depannya itu ada kayak teras atau beranda yang namanya
“amben” dan cara mengaturnya hampir sama di setiap rumah. Jadi di terasnya ada
kursi yang selama yang saya lihat disana dan berbagai rumah betawi lainnya
bentuk kursinya sama berjumlah 4, dan ada satu meja bundar di tengah-tengahnya.
Nah fungsi dari teras atau beranda yang ada di rumah betawi itu biasanya buat
nerima tamu dan bersantai bersama keluarga, atau mungkin sekedar
berbincang-bincang dengan keluarga.
Setelah melihat berbagai rumah penduduk betawi yang mayoritas
hampir sama semua, yang istilahnya “Betawi Banget” itu saya mulai masuk ke
tempat wisatanya. Baru masuk saja kita sudah disuguhi danau yang luas sekali
dan terdapat berbagai perahu air yang bisa kita naiki untuk mengelilingi danau
tersebut. Dan pas masuk ke tempat wisata itu aja saya udah nemuin lagi
komunikasi nonverbal dari hal pesan dari pakaian, jadi para laki-laki yang ada
disana yang bertugas menjaga sekitar danau itu berpakaian khas ala betawi. Jadi
pertama kali kalau misalnya kita lihat dia juga langsung kepikirannya orang betawi
asli. Pakaiannya yang dipakai itu persis deh yang kaya dipakai sama si pitung.
Ada sarung kotak-kotak yang digantungin di lehernya, terus baju daleman kaos
putih, lalu ada baju luaran hitam, celana bahan hitam juga, sama nggak
ketinggalan kopiah hitam di kepalanya.
Saat saya melihat sekeliling, banyak sekali panganan-panganan
khas betawi yang udah dijual di sepanjang jalan saya melintasi pinggir danau
babakan itu, dan nggak ketinggalan ada beberapa warung makan dan toko jualan
ondel-ondel yang menyetel lagu-lagu khas betawi gitu. Makanan-makanannya itu ada
kerak telor (makanan yang satu ini kayanya ga afdol kalo ngga ada di suatu
tempat yang berbau budaya betawi ya), lalu ada toge goreng, laksa betawi, es
selendang mayang (biasanya disebut juga sebagai es kue, soalnya emang isi
utamanya itu kayak kue lapis dan dikasih es sama santan dan gula), semur
jengkol, soto betawi, soto mie dan sebagainya.
Bahkan, ada juga yang jualan topeng ondel-ondel,
miniatur-miniatur ondel-ondel dan berbagai pajangan khas dari budaya betawi.
Saat saya masuk ke tempat wisatanya yang ada banyak rumah-rumah betawi itu,
saya melihat ada pagelaran seni tari-tarian khas betawi di atas panggung yang
memang udah disediakan untuk acara-acara pagelaran kesenian khas betawi, dan
saat itu ramai para wisatawan yang melihat pagelaran seni tari tersebut, dan
nggak lupa diiringin sama lagu lagu khas betawi gitu, bener-bener kerasa banget
deh kalo lagi di kampung betawi! Nah ini saya ada fotonya saat anak-anak
perempuan sedang menari tarian khas betawi:
Ada lagi loh komunikasi non-verbal yang ada di budaya betawi
ini, kali ini saya akan membahas dalam konteks parabahasa, dengan fokus dari
salah satu klasifikasi parabahasa yaitu kualitas vokal. Coba deh, pasti udah
pada tau kalau misalnya kita denger orang betawi ngomong, pasti suaranya
kenceng banget-bangetan, berasa dia kayak lagi ngomong sama orang budek gitu.
Misalnya aja kita liat Mpok Nori kalo ngomong kan gitu, kaya ngotot dan kenceng
banget, terus Mandra, Omas, dan pas liat film-film Benyamin Sueb juga dia
ngomongnya kayak gitu. Disana juga saya sering denger mereka ngomong pada
kenceng-kenceng banget. Mungkin bagi budaya lain, ngomong dengan suara yang
kenceng banget itu adalah suatu hal yang tidak sopan, tapi mungkin bagi budaya
betawi itu sudah menjadi bagian hidup mereka. Sehingga kita bisa tahu dengan
nada kenceng dan cara mereka berbicara yang bisa dibilang ceplas-ceplos kita
udah tau kalau dia itu orang betawi. sangat berbeda kalau misalnya orang betawi
asli diketemukan untuk mengobrol dengan orang dari solo, nah bisa bayangin ga
berbedanya kayak gimana? Dan saya juga baru tahu, ternyata di bahasa betawi itu
ada pembagian bahasa, jadi ada bahasa betawi yang kasar, dan ada juga bahasa
betawi yang halus. Kalau katanya penduduk yang ada di sana, kata “Gue” dan “Lo”
termasuk bahasa betawi yang halus, kata “Aye” juga termasuk bahasa betawi yang
halus. Bahasa betawi juga khas banget dengan dialek yang digunakan mereka,
ngomongnya kan betawi banget lah pokoknya biasanya pake akhiran “e” gitu,
contohnya “eh lo kemane aje” dan asal jeplak aja kalau bicara, kadang juga
mereka ada aja yang bisa dijadiin bahan bercandaan. Setiap saya ketemu dengan
orang betawi, pasti ada aja dari jeplakan mereka yang lucu dan ada-ada aja.
Ohiya, orang betawi itu kan mayoritas memeluk agama islam,
pandangan mereka mengenai kematian ya sama aja kaya orang-orang islam pada
umumnya, jadi mereka menganggap bahwa, kalau misalnya seseorang udah meninggal
yaudah meninggal aja dan mengikuti pemikiran islam, jadi akan dibangunkan lagi
nanti saat hari kiamat tiba. Lalu kalau misalnya adat betawi, kalau ada yang
meninggal gitu biasanya ada prosesi pengajian 7 hari 7 malam, selain itu ada
juga pengajian yang diadakan setiap malam jumat kayak misalnya baca yasin dan
sebagainya. Ya memang nggak berbeda jauh sama prosesi yang biasa dilakukan sama
orang-orang pemeluk agama islam pada umumnya.
Masih berhubungan dengan worldview, dan mengambil salah satu
dari elemen worldview yaitu “konsep sifat manusia” contoh yang biasa kita
dengan dari konsep sifat manusia itu kan misalnya “ah orang padang kan pelit”
nah kalau konsep sifat dari orang budaya betawi itu orangnya suka ngomong
ceplas-ceplos dan kadang kayak suka nggak mikirin perasaan orang gitu, berbeda
dengan misalnya orang jawa, mereka pasti kalau ngomong pelan, alus, dan
hati-hati.
Karena udah capek berkeliling dan mengamati yang ada disana,
saya dan teman-teman saya memutuskan untuk beristirahat sejenak di
warung-warung makanan yang ada di sepanjang jalan di wilayah kampung betawi itu.
Disitu saya makan kerak telor yang enak banget deh pokoknya, nah pas lagi makan
disitu, saya mendapatkan lagi suatu hal yang menarik. Jadi cara mereka berdagang itu agak berbeda dengan budaya lain,
misalnya kan saya makan di warung A, lalu saya ingin membeli minuman atau beli
cemilan gitu di warung B, nah si pemilik warung B nggak mau melayani pembelian
kita, kata si penjual “oh belinya di warung A ya? Kalau beli nya di warung A,
beli minumannya disana juga” begitu. Jadi kita kalau sudah beli makanan di
warung A ya beli minumannya di warung A juga. Hmm jadi gitu ya, itu bener-bener
bikin saya kaget banget. sejujurnya saya merasakan culture shock atau kejutan budaya, dimana menurut samovar, culture shock adalah transisi yang terjadi ketika anda pergi dari lingkungan yang anda kenal ke lingkungan yang tidak anda kenal dan menemukan bahwa perilaku anda tidak efektif.
Menurut wawancara saya dengan penduduk, orang betawi punya
strategi-strategi khusus dalam berdagang, katanya, setiap budaya pasti udah
punya lingkupnya masing-masing, misalnya kalau orang Jawa jualannya bakso, ya
kalau orang betawi biasanya jualannya kerak telor, itu udah kayak gitu
daridulu, jadi udah punya lahannya masing-masing.
Masalah atau suatu konflik itu kan bisa terjadi kapan saja,
menurut cerita seorang penduduk yang saya wawancarai, orang betawi itu kalau
misalnya ada suatu masalah atau konflik, dalam memanajemen konfliknya itu
dengan dilerai atau dibantu oleh RT, RW atau Lurahnya yang bantuin, jadi para
tokoh-tokoh penting gitu yang berusaha mengidentifikasi isu yang mengakibatkan
masalah dan akhirnya yang terlibat konflik dilerai. Karena kalau misalnya nggak
dibantu sama atasan-atasan atau tokoh-tokoh penting gitu bisa kacau dan bisa
kayak diancam terus gitu hidupnya. Dan konflik yang sering terjadi di
perkampungan budaya betawi itu biasanya dalam hal berdagang, misalnya dagangan
si A laku terus, banyak yang beli dan banyak yang kunjungin, nah kadang ada
beberapa pedagang lain yang merasa iri hati sehingga timbulah konflik.
Di hari kedua saya kesana, tidak jauh berbeda dari hari
pertama, cuman pada saat saya kesini kedua kalinya, kampung betawinya lagi sepi
banget, nggak ada acara-acara gitu, bener-bener sepi. Yang ramai hanya para
pedagang-pedagang yang berjualan. Ngomongin betawi, makanan yang khas itu kan
ada banyak ya, dan ada juga beberapa yang udah saya sebutkan diatas, nah saya
mau coba jelasin satu-satu makanan yang ada disana menurut penglihatan dan saat
saya coba mencicipinya.
Yang pertama ada kerak telor. Nah makanan ini bener-bener
udah nggak asing lagi lah di telinga kita, siapa yang nggak tau sama makanan
khas betawi ini, di PRJ (Pekan Raya Jakarta) juga banyak banget pasti yang
jualan. Kerak telor tuh jadi telor (bisa bebek bisa ayam, tapi biasanya pada
mesennya yang telor bebek karena lebih gurih dan lebih kerasa) di campur sama
beras ketan, terus diaduk2 gitu sama bumbu dan dimasak diatas wajan gitu, nah
nanti dicampur sama kelapa-kelapa gitu. Enak deh rasanya, nih ada foto nya
gimana si penjual buat. Ohiya, konon katanya penduduk yang saya wawancarai,
dulu si mandra pernah jualan kerak telor di perkampungan budaya betawi situ,
saya nggak tau juga sih itu beneran atau nggak, percaya nggak percaya kan.
Nah terus ada makanan lagi disana yang baru pertama kali saya
coba, namanya toge goreng. Jadi ini bahan utamanya toge, terus ada ketupatnya,
nah togenya itu dicampur sama mie kuning, terus dikasih bumbu kacang gitu deh,
yah lumayan enak lah! Tapi saya nggak begitu suka juga sih. Kalau minumannya
saya juga coba es selendang mayang, yang tadi udah saya bilang bisa disebut
juga es kue, emang bener sih kaya makan es sama kue lapis. Rasa airnya mirip
banget kalo kita minum es cendol, cuman ini bedanya pake kue lapis warna-warni,
enak kok.
Kalau menyebut “soto betawi” pasti udah pada nggak asing lagi
lah ya sama makanan yang satu itu, soto betawi itu soto yang kuahnya pake
santan, dan isinya itu ada tomat, kentang, dan yang pasti daging sapi, nah
kalau makanan yang satu ini saya suka banget, soalnya rasanya gurih dan daging
sapinya juga empuk.
Betawi juga punya acara-acara khusus atau tradisi yang masih sering digunakan sampai sekarang, contohnya itu misalnya kalau misalnya orang betawi mengadakan pernikahan, biasanya kan ada petasan tuh banyak, terus ada juga tanjidor, atau nggak marawis-marawisan gitu. Ondel-ondel juga kan menjadi suatu ciri khas dari budaya betawi, walaupun bentuknya serem gitu tapi dia bener-bener bias mencirikan budaya betawi. Lalu ada juga tari jaipong, pencak silat dan berbagai macam kesenian lainnya.
No comments:
Post a Comment