Pages

Thursday, January 10, 2013

Kampung Betawi, Wajah Asli Jakarta

Nama : Emily Karim
NIM : 11140110159
Kelas : E-1



Metropolitan, modern, macet, gedung tinggi, mall, dan pusat hiburan mungkin adalah kata-kata yang pas banget buat menggambarkan sosok kota Jakarta di benak kita. Tapi kalian tahu gak kalau sebenarnya ada loh sebuah perkampungan yang berisikan oleh “wajah” asli Jakarta? Nah, pada kesempatan kali ini, Saya akan mengajak Anda untuk menggali tentang gimana sih “Jakarta yang sesungguhnya”, yang mungkin aja orang asli Jakarta pun belum banyak yang tahu.

Ia-lah Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang merupakan sebuah cagar pelestarian budaya kebetawian. Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ini terletak di Jalan Mochammad Kahfi II (barat) sampai dengan Jalan Desa Putra (utara), Jalan Pratama (timur), dan juga batas wilayah Povinsi DKI Jakata dengan Kota Depok (selatan), kelurahan Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Bisa kebayang ‘kan luasnya perkampungan ini. Memang butuh banget tenaga super dan waktu yang agak lama untuk ngelilingin perkampung ini dengan jalan kaki dari ujung ke ujung satunya, apa lagi kalau cuaca lagi terik.




Kita semua pastinya tahu dong kalau tradisi kebudayaan di Jakarta makin hari makin tersingkir sama gaya hidup kita yang modern dan serba instan. Sayang banget kan kalau budaya Betawi yang merupakan budaya asli Kota Jakarta juga ikut tersingkir. Nah oleh karena itu, Saya tertarik untuk tahu lebih dalam tentang budaya asli Jakarta ini.

Sekarang Perkampung Budaya Betawi Setu Babakan menjadi satu-satunya kawasan  dimana warga keturunan asli Betawi benar-benar "berasa di rumah" loh. Gak heran di perkampungan ini banyak lahir seniman Betawi dan kurang lebih sekitar 200 sanggar budaya seperti pencak silat, ngederes aqiqah, lenong, gambang kromong, dan masih banyak lagi. Pas Saya nanya-nanya sama penduduk disana, gak ada yang tahu persis kapan sebenarnya kesenian-kesenian itu lahir. Yang pasti hal ini nunjukin kalau Culture is transmitted intergenerationally.







Awalnya Setu Babakan atau Danau Babakan adalah sebuah danau buatan yang dalamnya sekitar kurang lebih 5 meter, dan luasnya kurang lebih sekitar 30 hektar. Setu Babakan ini jadi pusat dari pada Perkampungan Budaya Betawi itu sendiri, yang sengaja dijaga sama warga sekitar demi mewarisi kebudayaan asli Jakarta. Sampai akhirnya Setu Babakan ini mulai punya status sebagai Cagar Pelestarian Budaya Betawi pada tahun 2004, pas jabatan Gubernur DKI Jakarta masih dipegang sama Sutiyoso.

Kalau kamu berkunjung kesini, maka kamu bakalan ngeliat cukup banyak warga sekitar lagi menjala ikan atau gak lagi memancing, karena emang danau ini udah dimanfaatin sama warga sekitar buat memancing ikan dari dulu. Ini yang akhirnya jadi salah satu daya tarik dari Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.


Perkampungan ini juga jadi pilihan utama bagi para wisatawan lokal maupun internasional buat tempat tujuan wisata, karena pengunjung gampang nemuin banyak banget aktivitas masyarakat Betawi. Misalnya injek tanah, arak-arakan penganten sunat, perkawinan adat Betawi, berbalas pantun, lenong, gambang kromong, pencak silat, dan masih banyak lagi. Gak cuman itu hal yang paling menonjol dari Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ialah kulinernya. Banyak banget kuliner asli Betawi terpampang sepanjang jalan Setu Babakan. Makananya kayak manggil-manggil buat dicicipi.

Pas hari pertama observasi, mata Saya langsung tertuju sama keberagaman jajanan asli Betawi di sepanjang Setu Babakan. Mulai dari soto betawi, es selendang mayang, dodol betawi, bir pletok, laksa, toge goreng, gado-gado, sayur asem, nasi uduk, wajik rangi, geplak, tape uli, nasi begame, rengginang, lapis talam, onde, roti buaya, dan yang  paling penting tuh kerak telornya. Dari dulu Saya emang suka banget sama kerak telor. Sebenarnya agak susah sih nyari makanan ini, karena biasanya kerak telor cuma rame dijual di PRJ. Pas Saya nanya sama Ibu Minah, si penjual kerak telor, tentang kapan pertama kali orang Betawi bikin kerak telor, beliau bilang sebenarnya Ia gak tahu kapan persisnya. Yang pasti makanan ini sudah ada sejak jaman nenek moyang mereka. Lagi-lagi hal ini juga nunjukin kalau Culture is transmitted intergenerationally.




Kerak Telor

Roti Buaya

Geplak

Toge Goreng

Keripik Singkong

Gak lupa Saya nyempatin diri buat ngobrol sama ibu-ibu dan bapak-bapak penjual makanan disana. Awalnya sih Saya ngira kalau mereka bakal ngejawab seadanya atau malah lebih parahnya lagi mereka bisa aja males buat jawab pertanyaan-pertanyaan Saya. Dan persepsi Saya ini salah total, ternyata respon mereka tuh bener-bener asik, dan welcome banget.

Saya jadi ngobrol cukup panjang lebar sama para penjual. Mulai dari bahan dasar makanan yang dijual, pengalaman mereka, gimana perasaan mereka kalau banyak pengunjung yang datang, atau ada mahasiswa/i kayak Saya yang datang buat observasi, dan gimana juga perjuangan mereka selama mereka jualan. Saking asiknya ngobrol, banyak yang nanya balik sama Saya, cotohnya kayak asal Saya, nama kampus, gimana bisa tahu Kampung Betawi, datang kesana naik apa, mereka juga gak lupa nanya, Saya suka atau gak sama kuliner asli Betawi.



Setiap kali Saya beli makanan, Saya gak lupa ngobrol-ngobrol sambil ketawa-ketawi bareng mereka. Satu hal yang buat Saya gak berhenti ketawa adalah karena cara bicara mereka yang benar-benar “nyablak”. Selama ini Saya cuma ngeliat sama dengar di TV gimana pembawaan orang Betawi pas ngomong. Pas itu Saya mikir kalau itu cuma dilebay-lebayin aja, tapi abis Saya ngobrol sama mereka, Saya jadi tahu kalau sebenarnya orang Betawi emang sangat “ceplas-ceplos”. Nah hal ini bersinggungan sama teori kualitas vokal dalam konteks parabahasa. Jadi saat Saya dengar dialek atau aksen tersebut, Saya langsung tahu kalau Ia orang Betawi. Misalnya mereka lebih sering pakai kata “Aye” dibanding “Gue”, “Aku”, atau “Saya”. Terus mereka juga sudah terbiasa pakai akhiran “E”, misalnya “Dimane”, “Kemane”, “Ape”, “Iye”. Hal ini nunjukin kalau dialek sama aksen juga jadi bagian dari identitas seseorang, karena identitas etnik juga berasal dari bahasa.

Pas hari kedua, Saya observasi lebih dalam dan serius lagi. Saya berkunjung ke rumah Abah Aris, yang adalah seseorang yang dituakan disana. Alasan Saya milih Beliau karena Ia pasti tahu banget seluk beluk tentang kebudayaan asli Betawi. Rumah beliau pun masih sangat Betawi, dengan berbagai arsitektur yang ada di dalamnya. Rumah Betawi itu khas banget loh. Bisa diliat dari atap rumah mereka yang bentuknya jeruji-jeruji. Terus ada yang namanya amben, maksudnya tuh teras depan rumah yang biasanya dipakai buat ngobrol-ngobrol sambil nerima tamu. Ini masuk kedalam teori nonverbal communication. Komunikasi nonverbal yang ada bisa nunjukin siapa penghuni rumah tersebut.


Awalnya Saya gak tahu dan gak bermaksud buat datang ke rumah Beliau, tapi pas Saya ngunjungin rumah salah satu warga, mereka serempak nyuruh Saya buat datang ke rumah Abah Aris. Mereka pun nganter Saya sampai di rumah Abah Aris yang ngelewatin gang-gang kecil. Saya mesti akui kalau tingkat keramahan orang disana tinggi banget. Gak ada tuh kata awkward pas interaksi sama mereka. Seakan-akan udah lama kenal mereka, karena kami gak canggung buat ngobrol banyak hal. Apa lagi pas Saya berada di rumah Abah Aris.

Pada awalnya Saya cuman meminta izin untuk merekam sama mewawacarai Beliau. Tapi Abah malah nganterin Saya ke dapur tradisional yang mereka punya. Dapur ini gak jadi satu dengan rumah Beliau. Kami harus lewat 1 gang kecil buat sampai di dapur yang masih pakai kayu bakar tersebut. Gak cuma itu, Abah juga gak segan-segan buat nunjukin dapurnya satu lagi. Kali ini dapur yang lebih modern, karena udah pakai kompor gas.

Puas keliling dapur Abah, Saya diantarin balik ke rumah. Barulah Saya mewawancarai beliau tentang kehidupannya di Kampung Betawi. Beliau adalah generasi keenam, yang udah tinggal disana dari kecil. Beliau tinggal bareng istri, satu anak, dan mantunya. Anaknya yang lain udah punya rumah sendiri karena udah nikah. Beliau balik nanya sama Saya, dari mana asal Saya, nama kampus, tahu Kampung Betawi dari mana, dan Ia juga nanya kenapa Saya sendirian. Jadinya Saya ngejelasin kalau sebenarnya Saya datang bareng beberapa teman kampus, tapi pas udah sampai disana kami mencar dan ngerjain tugas masing-masing.

Beliau juga nanya gimana kehidupan sehari-hari Saya. Beliau nanya, apa di rumah Saya masih masak pakai tempayan sama ketel. Beliau juga nanya apa di rumah Saya pakai tikar. Sebenarnya lucu juga sih pertanyaannya. Saya jawab dengan cerita yang cukup panjang. Saya bilang Saya masih punya Oma buyut yang sekarang berumur 92 tahun. Oma Saya pun masih masak dengan ketel dan makan sirih. Setelah Saya nyeritain itu, Abah sama Umi, yang baru selesai sholat, malah tambah antusias. Saya juga cerita kalau di Puncak, pas lagi nonton TV bareng keluarga, Saya juga masih pakai tikar.

Obrolan Saya sama Abah dan Umi pun berlanjut sampai Saya pun menyadari bahwa ini loh yang namanya Intra-cultural Communication. Soalnya cara ngomong, dialek, dan aksen kami beda banget, walaupun bahasanya sama. Untungnya gak ada miss-comm dan jadinya gak ada salah paham satu sama lain. Lalu pas Saya bilang mau pamit, mereka malah mencegah Saya dan bilang kalau Umi udah buatin teh manis. Jadi mereka nyuruh Saya ngabisin teh manisnya dulu sebelum Saya boleh pamit. Mereka benar-benar sangat baik, thanks banget deh buat mereka. Disini Saya langsung inget sama standar-standar kesopanan yang pernah dibahas di kelas. Standar kesopanan Saya dan mereka gak jauh beda. Kalau ada tamu yang datang ke rumah harus dikasih minum sama cemilan, dan buat tamunya, mereka harus abisin atau minimal nyicip yang nunjukin kalau mereka ngehargain si tuan rumah.

Sekali lagi Saya nemuin bentuk nonverbal communication yang lain, yaitu baju tradisional yang nunjukin identitas mereka sebagai orang Betawi. Kita-kita pasti familiar sama baju adat mereka yang dalemannya putih polos, terus pake luaran hitam, celana bahan hitam, yang dilengkapin sama sarung kotak-kotak dan kopiah di kepala. Masih banyak banget loh orang-orang disana yang make dengan bangga baju adat Betawi ini.

Di hari kedua observasi Perkampungan Betawi Setu Babakan dimeriahkan sama penampilan Gambang Kromong dan Lenong. Celotehan-celotehan para pemain benar-benar kocak dan asal ‘nyablak’. Sepanjang pentas, penonton gak berhenti ketawa. Gak cuma aksi celotehan dan drama aja, mereka juga unjuk kebolehan dengan menyanyi dan menari. Mereka nyanyi lagu-lagu tradisional Betawi yang emang udah familiar. Malah Saya aja yang bukan penikmat musik tradisional, ngerasa familiar ama lagu-lagunya. Yang Saya tahu lagu-lagu tersebut berjudul Ondel-ondel, Kicir-kicir, dan Disini Aje.

Setelah pergelaran seni musik, dan teater tradisional selesai, Saya langsung nyari beberapa pengunjung yang lagi asik ngumpul bareng keluarga, dan minta sedikit waktu mereka untuk Saya wawancara. Orang pertama yang saya wawancara dalah Ibu Puput dan keluarga. Saya cukup banyak nanya tentang pengalaman mereka. Ibu Puput sama adiknya menjawab pertanyaan pake tawa malu-malu. Beliau bilang baru dua kali ke Kampung Betawi, walaupun sebenarnya Ia orang asli Betawi yang tinggalnya gak jauh dari sana. Ia pergi bareng anak-anaknya, adiknya, dan juga teman-temannya. Mereka kesana buat santai-santai dan nonton Lenong, sambil nyicip cemilan-cemilah khas Betawi. Beliau juga bilang kalau mereka tidak akan berencana pulang cepat, karena masih betah dan senang berada disana.

Wawancara yang singkat, dan padat tersebut ditutup sama doa dari Ibu Puput agar tugas akhir Saya bisa berhasil terus dapat nilai bagus. Amin… Rasanya senang juga didoain sama orang yang baru kenal 5 menit. Lanjut Saya nyari target lain, dan Saya pengen mewawancarai orang yang sama sekali bukan keturunan Betawi. Setelah nengok kanan-kiri, akhirnya Saya menghampiri satu gerombolan ibu-ibu pake baju merah-merah, yang ternyata lagi bareng sama anak-anak panti.

Gak jauh dengan pertanyaan wawancara sebelumnya, Saya nanya tentang pengalaman mereka, sampai akhirnya Saya tahu kalau mereka bukan keturunan Betawi, dan baru pertama kali ke kampung Betawi. Jadilah pertanyaan Saya berlanjut. Ibu Nunung cerita kalau Ia tahu dari teman-temannya kalau setiap Sabtu dan Minggu Kampung Betawi selalu ramai karena ada berbagai hiburan. Yang pertama kali terlintas di pikiran Ibu Nunung tentang Betawi adalah kebudayaannya yang beraneka ragam. Mulai dari lagu-lagu tradisional, sampai makanan khas Betawi disukai oleh beliau. Ini nih yang namanya worldview, yang ngebahas tentang gimana sih pandangan masyarakat akan sesuatu, khususnya kebudayaan masyarakat kayak gini. Wawancara itu juga ditutup sama doa dari Ibu Nunung biar Saya bisa dapat nilai yang bagus.

Setelah puas mewawancarai pengunjung, Saya pun mewawancarai panitia penyelenggaraan acara tersebut. Beliau adalah Bapak Somad. Ia jadi petugas keamanan, dan satu-satunya yang mau luangin waktu buat diwawancara. Beliau cerita tentang kebudayaan asli Betawi, seperti Palang Pintu, dan roti buaya, yang biasanya selalu ada di pesta pernikahan. Hal ini juga terkait loh sama teori worldview dalam elemen cara kelompok melakukan ritual, ibadah, dan berbagai upacara lain. Bapak Somad menambahkan pergelaran seni, tari, dan teater tradisional rutin diadain tiap minggu. Tapi tiap minggunya berbeda-beda, dan kebetulan pada hari itu ialah Gambang Kromong. Teori worldview juga tercermin dalam konteks agama Islam yang merupakan agama mayoritas penduduk asli Betawi, yaitu pada acara pengajian yang rutin diadakan pada malam Jumat. Beliau juga cerita kalau Ia bangga menjadi orang Betawi dan berharap kebudayaan Betawi terus dilestarikan. Tapi orang-orang Betawi gak Etnosentrisme kok. Terbukti kalau mereka akur sama tetangga-tetangga mereka yang non-betawi, bahkan mereka ngejalanin bisnis bareng.

Walaupun begitu konflik terkadang tetap gak bisa dihindari dalam hidup berdampingan dengan orang dengan kebudayaan yang berbeda, apalagi dalam konteks bisnis. Tapi tenang aja, mereka punya manajemen konflik yang ampuh kok, yaitu dengan cara kekeluargaan, memilih pihak ketiga sebagai mediator. Decision making-nya termasuk kepada sifat kotektifis, karena konsesus dan keputusan akhirnya dibuat oleh RT, RW, ataupun lurah.Setelah pulang dari Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, wawasan Saya pastinya bertambah luas. Saya jadi makin tahu tentang kebudayaan asli orang Jakarta dengan banyak banget keunikannya. Dan yang paling penting Saya bisa ngalamin sendiri teori-teori yang diajarin Pak Inco di kelas. See you next time Kampung Betawi J

No comments:

Post a Comment