NIM : 11140110159
Kelas : E-1
Metropolitan,
modern, macet, gedung tinggi, mall,
dan pusat hiburan mungkin adalah kata-kata yang pas banget buat menggambarkan
sosok kota Jakarta di benak kita. Tapi kalian tahu gak kalau sebenarnya ada loh
sebuah perkampungan yang berisikan oleh “wajah” asli Jakarta? Nah, pada
kesempatan kali ini, Saya akan mengajak Anda untuk menggali tentang gimana sih
“Jakarta yang sesungguhnya”, yang mungkin aja orang asli Jakarta pun belum
banyak yang tahu.
Ia-lah Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang merupakan
sebuah cagar pelestarian budaya kebetawian. Kawasan Perkampungan Budaya Betawi
Setu Babakan ini terletak di Jalan Mochammad Kahfi II (barat) sampai dengan Jalan
Desa Putra (utara), Jalan Pratama (timur), dan juga batas wilayah Povinsi DKI
Jakata dengan Kota Depok (selatan), kelurahan Srengseng Sawah, kecamatan
Jagakarsa, Jakarta Selatan. Bisa kebayang ‘kan luasnya perkampungan ini. Memang
butuh banget tenaga super dan waktu yang agak lama untuk ngelilingin perkampung
ini dengan jalan kaki dari ujung ke ujung satunya, apa lagi kalau cuaca lagi
terik.
Kita semua pastinya tahu dong kalau tradisi
kebudayaan di Jakarta makin hari makin tersingkir sama gaya hidup kita yang modern
dan serba instan. Sayang banget kan kalau budaya Betawi yang merupakan budaya
asli Kota Jakarta juga ikut tersingkir. Nah oleh karena itu, Saya tertarik
untuk tahu lebih dalam tentang budaya asli Jakarta ini.
Sekarang Perkampung Budaya Betawi Setu Babakan
menjadi satu-satunya kawasan dimana warga
keturunan asli Betawi benar-benar "berasa di rumah" loh. Gak heran di
perkampungan ini banyak lahir seniman Betawi dan kurang lebih sekitar 200
sanggar budaya seperti pencak silat, ngederes aqiqah, lenong, gambang kromong,
dan masih banyak lagi. Pas Saya nanya-nanya sama penduduk disana, gak ada yang
tahu persis kapan sebenarnya kesenian-kesenian itu lahir. Yang pasti hal ini
nunjukin kalau Culture is transmitted
intergenerationally.
Awalnya Setu Babakan atau Danau Babakan adalah
sebuah danau buatan yang dalamnya sekitar kurang lebih 5 meter, dan luasnya
kurang lebih sekitar 30 hektar. Setu Babakan ini jadi pusat dari pada
Perkampungan Budaya Betawi itu sendiri, yang sengaja dijaga sama warga sekitar
demi mewarisi kebudayaan asli Jakarta. Sampai akhirnya Setu Babakan ini mulai punya
status sebagai Cagar Pelestarian Budaya Betawi pada tahun 2004, pas jabatan
Gubernur DKI Jakarta masih dipegang sama Sutiyoso.
Kalau kamu berkunjung kesini, maka kamu bakalan
ngeliat cukup banyak warga sekitar lagi menjala ikan atau gak lagi memancing, karena
emang danau ini udah dimanfaatin sama warga sekitar buat memancing ikan dari
dulu. Ini yang akhirnya jadi salah satu daya tarik dari Perkampungan Budaya
Betawi Setu Babakan.
Perkampungan ini juga jadi pilihan utama bagi para
wisatawan lokal maupun internasional buat tempat tujuan wisata, karena pengunjung
gampang nemuin banyak banget aktivitas masyarakat Betawi. Misalnya injek tanah,
arak-arakan penganten sunat, perkawinan adat Betawi, berbalas pantun, lenong,
gambang kromong, pencak silat, dan masih banyak lagi. Gak cuman itu hal yang
paling menonjol dari Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ialah kulinernya.
Banyak banget kuliner asli Betawi terpampang sepanjang jalan Setu Babakan.
Makananya kayak manggil-manggil buat dicicipi.
Pas hari pertama observasi, mata Saya langsung
tertuju sama keberagaman jajanan asli Betawi di sepanjang Setu Babakan. Mulai
dari soto betawi, es selendang mayang, dodol betawi, bir pletok, laksa, toge
goreng, gado-gado, sayur asem, nasi uduk, wajik rangi, geplak, tape uli, nasi
begame, rengginang, lapis talam, onde, roti buaya, dan yang paling penting tuh kerak telornya. Dari dulu
Saya emang suka banget sama kerak telor. Sebenarnya agak susah sih nyari
makanan ini, karena biasanya kerak telor cuma rame dijual di PRJ. Pas Saya
nanya sama Ibu Minah, si penjual kerak telor, tentang kapan pertama kali orang
Betawi bikin kerak telor, beliau bilang sebenarnya Ia gak tahu kapan persisnya.
Yang pasti makanan ini sudah ada sejak jaman nenek moyang mereka. Lagi-lagi hal
ini juga nunjukin kalau Culture is
transmitted intergenerationally.
Kerak Telor
Roti Buaya
Geplak
Toge Goreng
Keripik Singkong
Gak lupa Saya nyempatin diri buat ngobrol sama
ibu-ibu dan bapak-bapak penjual makanan disana. Awalnya sih Saya ngira kalau
mereka bakal ngejawab seadanya atau malah lebih parahnya lagi mereka bisa aja
males buat jawab pertanyaan-pertanyaan Saya. Dan persepsi Saya ini salah total, ternyata respon mereka tuh bener-bener
asik, dan welcome banget.
Saya jadi ngobrol cukup panjang lebar sama para
penjual. Mulai dari bahan dasar makanan yang dijual, pengalaman mereka, gimana perasaan
mereka kalau banyak pengunjung yang datang, atau ada mahasiswa/i kayak Saya
yang datang buat observasi, dan gimana juga perjuangan mereka selama mereka
jualan. Saking asiknya ngobrol, banyak yang nanya balik sama Saya, cotohnya
kayak asal Saya, nama kampus, gimana bisa tahu Kampung Betawi, datang kesana
naik apa, mereka juga gak lupa nanya, Saya suka atau gak sama kuliner asli
Betawi.
Setiap kali Saya beli makanan, Saya gak
lupa ngobrol-ngobrol sambil ketawa-ketawi bareng mereka. Satu hal yang buat
Saya gak berhenti ketawa adalah karena cara bicara mereka yang benar-benar
“nyablak”. Selama ini Saya cuma ngeliat sama dengar di TV gimana pembawaan
orang Betawi pas ngomong. Pas itu Saya mikir kalau itu cuma dilebay-lebayin aja,
tapi abis Saya ngobrol sama mereka, Saya jadi tahu kalau sebenarnya orang Betawi
emang sangat “ceplas-ceplos”. Nah hal ini bersinggungan sama teori kualitas
vokal dalam konteks parabahasa. Jadi saat Saya dengar dialek atau aksen
tersebut, Saya langsung tahu kalau Ia orang Betawi. Misalnya mereka lebih
sering pakai kata “Aye” dibanding “Gue”, “Aku”, atau “Saya”. Terus mereka juga
sudah terbiasa pakai akhiran “E”, misalnya “Dimane”, “Kemane”, “Ape”, “Iye”.
Hal ini nunjukin kalau dialek sama aksen juga jadi bagian dari identitas
seseorang, karena identitas etnik juga berasal dari bahasa.
Pas hari kedua, Saya observasi lebih
dalam dan serius lagi. Saya berkunjung ke rumah Abah Aris, yang adalah seseorang
yang dituakan disana. Alasan Saya milih Beliau karena Ia pasti tahu banget
seluk beluk tentang kebudayaan asli Betawi. Rumah beliau pun masih sangat
Betawi, dengan berbagai arsitektur yang ada di dalamnya. Rumah Betawi itu khas
banget loh. Bisa diliat dari atap rumah mereka yang bentuknya jeruji-jeruji.
Terus ada yang namanya amben, maksudnya tuh teras depan rumah yang biasanya
dipakai buat ngobrol-ngobrol sambil nerima tamu. Ini masuk kedalam teori nonverbal communication. Komunikasi
nonverbal yang ada bisa nunjukin siapa penghuni rumah tersebut.
Awalnya Saya gak tahu dan gak bermaksud
buat datang ke rumah Beliau, tapi pas Saya ngunjungin rumah salah satu warga,
mereka serempak nyuruh Saya buat datang ke rumah Abah Aris. Mereka pun nganter
Saya sampai di rumah Abah Aris yang ngelewatin gang-gang kecil. Saya mesti akui
kalau tingkat keramahan orang disana tinggi banget. Gak ada tuh kata awkward pas interaksi sama mereka.
Seakan-akan udah lama kenal mereka, karena kami gak canggung buat ngobrol banyak
hal. Apa lagi pas Saya berada di rumah Abah Aris.
Pada awalnya Saya cuman meminta izin untuk merekam sama
mewawacarai Beliau. Tapi Abah malah nganterin Saya ke dapur tradisional yang mereka
punya. Dapur ini gak jadi satu dengan rumah Beliau. Kami harus lewat 1 gang
kecil buat sampai di dapur yang masih pakai kayu bakar tersebut. Gak cuma itu, Abah
juga gak segan-segan buat nunjukin dapurnya satu lagi. Kali ini dapur yang
lebih modern, karena udah pakai kompor gas.
Puas keliling dapur Abah, Saya diantarin balik ke
rumah. Barulah Saya mewawancarai beliau tentang kehidupannya di Kampung Betawi.
Beliau adalah generasi keenam, yang udah tinggal disana dari kecil. Beliau
tinggal bareng istri, satu anak, dan mantunya. Anaknya yang lain udah punya
rumah sendiri karena udah nikah. Beliau balik nanya sama Saya, dari mana asal
Saya, nama kampus, tahu Kampung Betawi dari mana, dan Ia juga nanya kenapa Saya
sendirian. Jadinya Saya ngejelasin kalau sebenarnya Saya datang bareng beberapa
teman kampus, tapi pas udah sampai disana kami mencar dan ngerjain tugas
masing-masing.
Beliau juga nanya gimana kehidupan sehari-hari Saya.
Beliau nanya, apa di rumah Saya masih masak pakai tempayan sama ketel. Beliau
juga nanya apa di rumah Saya pakai tikar. Sebenarnya lucu juga sih
pertanyaannya. Saya jawab dengan cerita yang cukup panjang. Saya bilang Saya
masih punya Oma buyut yang sekarang berumur 92 tahun. Oma Saya pun masih masak
dengan ketel dan makan sirih. Setelah Saya nyeritain itu, Abah sama Umi, yang
baru selesai sholat, malah tambah antusias. Saya juga cerita kalau di Puncak, pas
lagi nonton TV bareng keluarga, Saya juga masih pakai tikar.
Obrolan Saya sama Abah dan Umi pun berlanjut sampai Saya
pun menyadari bahwa ini loh yang namanya
Intra-cultural Communication. Soalnya cara ngomong, dialek, dan aksen kami
beda banget, walaupun bahasanya sama. Untungnya
gak ada miss-comm dan jadinya gak ada
salah paham satu sama lain. Lalu pas Saya bilang mau pamit, mereka malah
mencegah Saya dan bilang kalau Umi udah buatin teh manis. Jadi mereka nyuruh
Saya ngabisin teh manisnya dulu sebelum Saya boleh pamit. Mereka benar-benar
sangat baik, thanks banget deh buat
mereka. Disini Saya langsung inget sama standar-standar
kesopanan yang pernah dibahas di kelas. Standar kesopanan Saya dan mereka
gak jauh beda. Kalau ada tamu yang datang ke rumah harus dikasih minum sama
cemilan, dan buat tamunya, mereka harus abisin atau minimal nyicip yang
nunjukin kalau mereka ngehargain si tuan rumah.
Sekali lagi Saya nemuin bentuk nonverbal communication yang lain, yaitu baju tradisional yang
nunjukin identitas mereka sebagai orang Betawi. Kita-kita pasti familiar sama
baju adat mereka yang dalemannya putih polos, terus pake luaran hitam, celana
bahan hitam, yang dilengkapin sama sarung kotak-kotak dan kopiah di kepala.
Masih banyak banget loh orang-orang disana yang make dengan bangga baju adat
Betawi ini.
Di hari kedua observasi Perkampungan Betawi Setu
Babakan dimeriahkan sama penampilan Gambang Kromong dan Lenong.
Celotehan-celotehan para pemain benar-benar kocak dan asal ‘nyablak’. Sepanjang
pentas, penonton gak berhenti ketawa. Gak cuma aksi celotehan dan drama aja,
mereka juga unjuk kebolehan dengan menyanyi dan menari. Mereka nyanyi lagu-lagu
tradisional Betawi yang emang udah familiar. Malah Saya aja yang bukan penikmat
musik tradisional, ngerasa familiar ama lagu-lagunya. Yang Saya tahu lagu-lagu
tersebut berjudul Ondel-ondel, Kicir-kicir, dan Disini Aje.
Setelah pergelaran seni musik, dan teater
tradisional selesai, Saya langsung nyari beberapa pengunjung yang lagi asik ngumpul
bareng keluarga, dan minta sedikit waktu mereka untuk Saya wawancara. Orang
pertama yang saya wawancara dalah Ibu Puput dan keluarga. Saya cukup banyak
nanya tentang pengalaman mereka. Ibu Puput sama adiknya menjawab pertanyaan pake
tawa malu-malu. Beliau bilang baru dua kali ke Kampung Betawi, walaupun
sebenarnya Ia orang asli Betawi yang tinggalnya gak jauh dari sana. Ia pergi bareng
anak-anaknya, adiknya, dan juga teman-temannya. Mereka kesana buat
santai-santai dan nonton Lenong, sambil nyicip cemilan-cemilah khas Betawi. Beliau
juga bilang kalau mereka tidak akan berencana pulang cepat, karena masih betah
dan senang berada disana.
Wawancara yang singkat, dan padat tersebut ditutup sama
doa dari Ibu Puput agar tugas akhir Saya bisa berhasil terus dapat nilai bagus.
Amin… Rasanya senang juga didoain sama orang yang baru kenal 5 menit. Lanjut
Saya nyari target lain, dan Saya pengen mewawancarai orang yang sama sekali bukan
keturunan Betawi. Setelah nengok kanan-kiri, akhirnya Saya menghampiri satu
gerombolan ibu-ibu pake baju merah-merah, yang ternyata lagi bareng sama
anak-anak panti.
Gak jauh dengan pertanyaan wawancara
sebelumnya, Saya nanya tentang pengalaman mereka, sampai akhirnya Saya tahu
kalau mereka bukan keturunan Betawi, dan baru pertama kali ke kampung Betawi. Jadilah
pertanyaan Saya berlanjut. Ibu Nunung cerita kalau Ia tahu dari teman-temannya
kalau setiap Sabtu dan Minggu Kampung Betawi selalu ramai karena ada berbagai
hiburan. Yang pertama kali terlintas di pikiran Ibu Nunung tentang Betawi
adalah kebudayaannya yang beraneka ragam. Mulai dari lagu-lagu tradisional,
sampai makanan khas Betawi disukai oleh beliau. Ini nih yang namanya worldview, yang ngebahas tentang gimana
sih pandangan masyarakat akan sesuatu, khususnya kebudayaan masyarakat kayak
gini. Wawancara itu juga ditutup sama doa dari Ibu Nunung biar Saya bisa dapat
nilai yang bagus.
Setelah puas mewawancarai pengunjung, Saya pun
mewawancarai panitia penyelenggaraan acara tersebut. Beliau adalah Bapak Somad.
Ia jadi petugas keamanan, dan satu-satunya yang mau luangin waktu buat diwawancara.
Beliau cerita tentang kebudayaan asli Betawi, seperti Palang Pintu, dan roti
buaya, yang biasanya selalu ada di pesta pernikahan. Hal ini juga terkait loh
sama teori worldview dalam elemen cara
kelompok melakukan ritual, ibadah, dan berbagai upacara lain. Bapak Somad
menambahkan pergelaran seni, tari, dan teater tradisional rutin diadain tiap
minggu. Tapi tiap minggunya berbeda-beda, dan kebetulan pada hari itu ialah
Gambang Kromong. Teori worldview juga
tercermin dalam konteks agama Islam yang merupakan agama mayoritas penduduk
asli Betawi, yaitu pada acara pengajian yang rutin diadakan pada malam Jumat. Beliau
juga cerita kalau Ia bangga menjadi orang Betawi dan berharap kebudayaan Betawi
terus dilestarikan. Tapi orang-orang Betawi gak Etnosentrisme kok. Terbukti kalau mereka akur sama
tetangga-tetangga mereka yang non-betawi, bahkan mereka ngejalanin bisnis
bareng.
Walaupun begitu konflik terkadang tetap gak bisa
dihindari dalam hidup berdampingan dengan orang dengan kebudayaan yang berbeda,
apalagi dalam konteks bisnis. Tapi tenang aja, mereka punya manajemen konflik
yang ampuh kok, yaitu dengan cara kekeluargaan, memilih pihak ketiga sebagai
mediator. Decision making-nya
termasuk kepada sifat kotektifis, karena konsesus dan keputusan akhirnya dibuat
oleh RT, RW, ataupun lurah.Setelah pulang dari Perkampungan
Budaya Betawi Setu Babakan, wawasan Saya pastinya bertambah luas. Saya jadi
makin tahu tentang kebudayaan asli orang Jakarta dengan banyak banget keunikannya.
Dan yang paling penting Saya bisa ngalamin sendiri teori-teori yang diajarin
Pak Inco di kelas. See you next time Kampung
Betawi J
No comments:
Post a Comment