Pages

Sunday, January 20, 2013

Wanita Penggoyang Karawang



Cycilia Sari Kurniawan- 11140110015/B1
 
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah pelacur berasal dari kata lacur yang berarti malang, celaka, gagal, sial, atau tidak jadi. Kata lacur bahkan juga memiliki artiburuk, pelacur melacur di tempat-tempat pelacuran. Sedangkan menurut Tjahyono danAshadi Siregar yang dimaksudkan pelacuran adalah perbuatan atau praktek seorangperempuan yang jalang, liar, nakal, pelanggar norma susila yang menginginkan lelakimelakukan hubungan seksual dengannya dengan memberinya bayaran. Sementara itumenurut Commenge mengatakan prostitusi atau pelacuran adalah suatu perbuatan seorangwanita memperdagangkan atau menjual tubuhnya, yang dilakukan untuk memperolehbayaran dari laki-laki yang datang, dan wanita tersebut tidak ada pencarian nafkah lainnyakecuali yang diperolehnya dari perhubungan sebentar-sebentar dengan orang banyak.Reekless mengemukakan pula 4 jenis tipe pelacur, ialah sebagai berikut :

1.Brothel Prostitute, operasi mereka dilakukan disuatu tempat dalam rumah, yangdiorganisir dan menantikan langganan pria berkunjung ke tempat itu.
2.Call-Girl prostitute, tempat operasi mereka ialah di hotel-hotel atau apartement kediamanlangganan. Ia dipanggil melalui telepon atau melalui perantara-perantara.
3.Street or public prostitute, type ini beroperasi dijalan-jalan atau tempat-tempat umum danmembawa langganannya ke tempat-tempat tertentu.
4.Unorganized Professional prostitute, tempat operasi mereka ialah apartemet atau flatyang didiaminya sendiri. Type ini dapat digolongkan sebagai tingkat atas dan biaasanyamengadakan operasi seorang diri. Penghubung-penghubung yang digunakan misalnyasopir-sopir taxi atau orang-orang yang terpilih yang tahu seluk beluk untuk memperolehlangganan.

Awalnya memiliki pekerjaan sebagai wanita penjaja seks ini dilakukan oleh mereka yang memang sudah memilih profesi sebagai wanita pekerja seks komersial dengan alasan utama kekurangan ekonomi. Dalam sistem masyarakat tradisional, yang mana hukum adat dan norma sangat mempengaruhi kehidupan mereka, kegiatan ini dianggap sebagai aib yang sangat memalukan. Akan tetapi anggapan seperti itu mulai berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Di masyarakat perkotaan, wanita pekerja seks komersial dianggap sebagai suatu profesi di kehidupan malam yang sudah biasa. Berbagai kebijakan yang diambil oleh pemerintah tak kunjung menyelesaikan masalah ini. Bahkan masalah yang ada semakin parah.

Kita dapat melihat bahwa alasan penting yang melatarbelakangi adalah kemiskinan yang sering bersifat struktural. Struktur kebijakan tidak memihak kepada kaum yang lemah sehingga yang miskin semakin miskin dan yang kaya semakin kaya. Memburuknya kemiskinan pada wanita, baik akibat status yang rendah ataupun penurunan kondisi perekonomian global, berpengaruh terhadap meningkatnya pelacuran. (Koblinsky, dkk : 1997).









Kabupaten karawang adalah salah satu bagian dari Jawa barat, kabupaten ini memiliki luas wilayah kurang lebih 1.737.000km, dengan jumlah penduduk 2.125.000.  Kabupaten karawang adalah salah satu kabupaten yang padat penduduknya. Kabupaten ini memiliki wilayah industri yang sangat berkembang sehingga banyak pendatang baik dari dalam negri sampai hingga luar negri yang tinggal dan menetap di Karawang. Dalam Bahasa sunda “Karawang” memiliki arti yang unik ialah penuh dengan lubang, sesuai dengan kehidupan slah satu wanita asal karawang, narasumber saya yang hidupnya penuh lubang lika liku kehidupan.

Sebut saja namanya Indah, Indah adalah salah satu pendatang yang awalnya berencana untuk bekerja disalah satu pabrik di Karawang. Sudah tak terhitung berapa kali Indah keluar masuk pabrik demi mendapat pekerjaan, namun pekerjaan tak kunjung didapatnya. Ia memilih meninggalkan kampung halamanya sejak usia 18 tahun semenjak lulus dari bangku SMA, bermimpi mendapatkan kehidupan yang layak dengan menginjakan kaki dari Garut menuju Karawang. Namun ketika hatinya telah banyak berharap, pekerjaan pun tak kunjung didapat juga.


Indah sempat bekerja sebagai pelayan sebuah counter handphone, namun gaji yang didapat hanya menutupi kebutuhan ia selama satu bulan dan tidak menyisakan apapun untuk keluarganya di kampung. Lambat laun Ia mulai menyerah dengan kehidupan, Indah mulai kehilangan arah tujuan untuk menghidupi diri serta keluarganya. Setiap bulan-nya ia meroggoh kantung sebesar lima ratus ribu rupiah untuk sepetak kamar didaerah pinggiran ragasi yang menurut saya sangat tidak layak untuk dihuni. Indah tidak bertahan lama menekuni pekerjaan-nya sebagai seorang pelayan hingga Ia bertemu dengan tetangga baru kontrakan-nya. Wanita cantik ini sebut saja Mawar, Indah banyak menemukan kemudahan saat Ia berkenalan dengan Mawar. Walaupun mawar hidup ditengah- tengah orang yang kehidupan ekonominya rendah, menurut Indah Mawar mampu mencukupi kehidupan-nya bahkan lebih.

Awalnya Indah merasa ragu menanyakan Mawar bekerja dimana, namun Indah memikirkan keadaan-nya yang sudah sangat mendesak butuh akan uang sehingga Ia memberanikan diri untuk akrab dengan Mawar. Mawar menerima indah dengan baik, tidak jarang Mawar membantu indah dalam persoalan keuangan. Kedua-nya begitu dekat hingga pada suatu hari mawar menceritakan soal pekerjaan-nya.


Mawar bekerja disalah satu club malam di Karawang, Lebih tepatnya club dangdut yang terletak di jalan tuparev, Karawang Kota. Menurut Mawar penghasilan yang Ia dapat berasal dari seberapa banyak saweran yang diberikan oleh pendatang club malam tersebut. Bukan saweran yang membuat Mawar tercukupi, melainkan ajakan bermalam dari sang pelanggan. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh mawar, namun kebutuhan hidup tak mengelakan Ia menolak ajakan menggiurkan hasrat Mawar. Biasanya PSK sering melakukan aksinya di malam hari, di sudut-sudut kota. Dahulu, mereka sering berdiri di pinggir jalan menunggu para lelaki hidung belang yang membutuhkan kenikmatan sesaat. Namun saat ini mereka memilih cara yang berbeda. Awalnya Mawar ragu, takut akan kesucian yang direnggut demi uang, akan tetapi hidup harus terus berjalan lambat laun ia yakin hanya dengan cara ini akan memperbaiki hidupnya.

Sejak umur 16 tahun Mawar telah bekerja di club malam sebagai penyanyi dangdut, dua tahun ia menekuni pekerjaanya dengan baik. Mawar tidak merasakan duduk di bangku SMA, sulung dari 3 bersaudara ini harus menghidupi keluarganya semenjak Ibunya meninggal dan Ayahnya tidak dapat lagi membiayai karena sakit. Di usianya yang menginjak 18 tahun ia mulai beralih profesi sebagai penyanyi dangdut dan wanita booking-an. Menurutnya sebagian teman seprofesi-nya di club juga memilih jalan yang sama. Rata rata dari mereka mengatakan apa yang mereka kerjakan adalah semata-mata demi uang. Kisaran harga yang dipasangpun cukup barharga tinggi antara 500 hingga 1jt rupiah.

Mawar menuturkan hasil yang ia dapat dari melayani pria lebih banyak dari pada hasil ia bernyanyi. Oleh karena itu saya menganggap bahwa pekerjaan-nya sebagai penyanyi dangdut hanyalah kedok dari pekerjaan sebenarnya.

Tadi-nya saya anggap kisah seperti ini hanya ada di sebuah scenario sinetron, namun apa yang sedang saya tulis sungguh benar keadaan-nya. Keadaan ekonomi yang mendesak sungguh mengharuskan seseorang bekerja dengan tidak amat sangat layak. Tidak terhitung sudah berapa banyak wanita yang rela menanggalkan keperawanan demi segenggam uang untuk meneruskan hidup. Mereka tidak bekerja untuk diri-nya sendiri melainkan menghidupi keluarga. Suatu keharusan bagi sebagian wanita malam ini menafkahi keluarga mereka. Rasa malu kadang menghinggapi, namun bagi mereka suadah tidak layak lagi merasakan malu.


Tidak ada data yang akurat mengenai seberapa banyak jumlah PSK di Indonesia, namun menurut sumber yang saya dapatkan ada sekitar 140.000 sampai 240.000 jiwa. Jumlah yang tidak sedikit bukan, Jumlah uang yang didapat rata rata dari sektor sex ini berkisar 3,3 milyar per-seribu PSK di Indonesia. Jumlah ini belum termasuk dengan industri yang terlibat didalam-nya, seperti bar, hotel, rumah makan.

Mawar membeberkan kepada saya tidak hanya kaum awam yang menggunakan jasanya, Ia pernah sesekali melayani kolega pemerintahan. Biasanya Mawar mendapatkan tamu seorang pejabat karena tawaran seorang mucikari. Mucikari yang menangani ini tidak main main dalam memberikan harga, satu malam saja bias berkisar 2 juta hingga 5 juta rupiah, tergantung pekerjaan apa yang dilakoni si tamu-nya. Tidak hanya menjadi seorang PSK, Mawar pernah beberapa bulan dipersunting oleh seorang pria, ia dinikahi siri dan dinafkahi. Namun hal ini tidak bertahan lama, sebab menurutnya ketakutan terus menghampiri. Berlabel sebagai wanita simpanan tidaklah mudah julukan demi julukan sudah biasa ia dengar, seperti sundel, perek, pecun, lonte sudah biasa ia dengar sehari-hari.

Pada tanggal 21 desember 2012  , saya dibantu mawar mendatangi club dangdut bernama venus. Club itu tidak jauh dari jantung kota karawang. Disana saya melihat beberapa foto foto wanita yang setiap harinya tampil sebagai penyanyi. Selain itu tidak hanya sebagai club, disana juga menyediakan arena bermain billyard. Club yang berbentuk ruko itu terlihat sepi awalnya, namun lama kelamaan menjadi ramai setelah pukul 12 malam. Disana saya diam diam mengamati orang orang yang berkunjung, tidak hanya itu saya juga melihat interaksi para wanita malam terhadap yang datang. Suasana disana sangat begitu gelap, saya hamper tidak melihat apapun. Remang remang lampu disko sedikit menerangi pengelihatan saya.

Saya mulai menyalakan kamera handphone saya, ketika masih sepi pengunjung para penyanyi disana tidak menolak untuk saya abadikan gambarnya. Salah satu dari mereka berkata “Asal gak ketahuan bos”. Per-harinya minuman yang habis dapat menembus angka 100 botol per malam, jika ramai bias sampai dua kali lipat. Pengunjung yang dating juga beragam, saya melihat sekelopok seorang pria yang kisaran umurnya dibawah 20 tahun, kebanyakan yang dating adalah pria-pria dewasa dan mungkin telah memiliki istri.

 Ini adalah pertama kalinya saya masuk ke tempat "semi" prostitusi, wanita yang berada disana tanpa merasa canggung atau malu menari erotis sambil bernyanyi demi memikat seorang pria. Praktek prostitusi harus segeara diluruskan kebenaranya, pemerintah perlu mengambil andil tegas dan tidak tutup mata dengan semakin banyaknya jumlah PSK di-indonesia. Tidak hanya itu mayarakat harus memiliki persepsi yang arif dalam menilai PSK sebenarnya.

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Demi kepentingan privasi narasumber saya tidak tampilkan baik dalam gambar ataupun video. :)

4 comments:

  1. Jual Obat Aborsi, Obat Penggugur Kandungan, Obat Telat Bulan

    Obat Cytotec, Obat Pelaing Mujarap Untuk Aborsi / Menggugurkan Kandungan Dalam Jangka 4-5 Jam Langsung Luntur


    - Paket A @ 500.000,- Untuk menggugurkan kandungan usia 1-4 minggu.

    - Paket B @ 850.000,- Untuk menggugurkan kandungan usia 8-12 minggu.

    - Paket C @ 1.200.000,- Untuk menggugurkan kandungan usia 15-20 minggu.

    Hubungi;0812 1592 9698

    ReplyDelete
  2. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini RISWANTO AKIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan Kyai. Dimas Kanjeng yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada Kyai. Dimas Kanjeng dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 082312910909 Untuk yg di luar indon telefon di +6282312910909,Atau Kunjugi Website/Situs Padepokan Dimas Kanjeng KLIK DISINI
    saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Kyai. Dimas Kanjeng saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI,
    KEAMPUHAN ZIKIR Kyai. Dimas Kanjeng
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris
    5.Perintah Tuyul
    Dan Masih Banyak Lagi, Kyai. Dimas Kanjeng Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.
    SYARAT SEBAGAI BERIKUT:
    BERJANJI AKAN MEMBANTU SESAMA YANG MEMBUTUHKAN
    BERJANJI TIDAK AKAN SOMBONG DAN SELALU RENDAH HATI
    BERJANJI AKAN MEMULAI HIDUP YANG BARU BERJALAN KE JALAN YANG BENAR,
    BERLUTUT DAN MEYEMBAH KEPADA ALLAH SWT.
    "Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali"

    "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan." Kata Abu Umamah radhiyallahu 'anhu: "Setelah membaca do'a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membari Petunjuk." (HR Abu Dawud 4/353)

    PESUGIHAN TANMPA TUMBAL

    PENARIKAN DANA HIBAH

    PENARIKAN UANG MENGUNAKAN MUSTIKA

    ReplyDelete
  3. POKERPAIR88.ME buat yang mau main Poker Online, Live Poker, Domino Qiu-Qiu, Bandar Ceme, Ceme Keliling, Capsa Susun. Minimal deposit dan withdraw 10 ribu. Proses Depo WD super cepat. BBM : 7B1D03C3 , Line : pairbet

    BOCA88.COM : Judi Bola (Sportsbook), Casino Online (Baccarat, Roulette, Sicbo & Rolling Ball), Keno, Sabung Ayam (Cock Fight) dan 3D Game. Minimal deposit dan withdraw 10 ribu. Proses Depo WD super cepat BBM : D3CC11C5 , Line : Gaple28 , WA : 081267595721

    ReplyDelete